Kamis, 22 Maret 2012 0 comments

الفصل الأول : كلمة الاجتهاد والمعاصر

‌أ.    كلمة الاجتهاد  :
       الاجتهاد في اللغة  : مأخوذ من الجَهْد بفتح الجيم وضمها وهو الطاقة والمشقّة([1]) ، فيختص بما فيه مشقة ؛ ليخرج عنه ما لا مشقة فيه . تقول  : أجتهد في حمل الحجر ، ولا تقول  : أجتهد في حمل الريشة . وقد يطلق لغةً أيضا على استفراغ الوسع في تحصيل الشيء([2]) . فالاجتهاد في علوم الدين ليس مجرد دراسة في أوقات الفراغ أو لقضاء الوقت في المجالس أو للحصول على شهادة ، ولكنه أخذ النفس ببذل الطاقة وتحمل المشقة بحيث يجتهد الطالب نفسه أو يبلغ جهده في الطلب . فمن فعل ذلك فهو مجتهد من جهة اللغة . ولكن جرى اصطلاح الفقهاء والأصوليين على أنّ المجتهد هو من تجاوز المراحل الأولى من الاجتهاد بمعنى العام في اللغة ووصل إلى مرتبة في العلم تمكّنه من استنباط الأحكام من الكتاب والسنة ويكون قادراً على استعمال آلات الاجتهاد . 
       والاجتهاد عند اصطلاح الأصوليين  : بذل المجتهد وسعه في طلب العلم بالأحكام الشرعية بطريق الاستنباط([3]) . ومن هذا التعريف الاصطلاحي للاجتهاد ، يتبين أربعة أشياء :
1.    أن يبذل المجتهد وسعه ، أي  : يستفرغ غاية جهده بحيث يحسّ من نفسه من العجز عن المزيد عليه .
2.    أن يكون الباذل جهده مجتهداً ، أما غيره فلا عبرةَ بما يبذله من جهد ؛ لأنه ليس من أهل الاجتهاد . وإنما يكون مقبولاً إذا صدر من أهله .
3.    أن يكون هذا الجهد لغرض التعرف على الأحكام الشرعية العلمية دون غيرها ، فلا يكون الجهد المبذول للتعرف على الأحكام اللغوية أو العقلية أو الحسية من نوع الاجتهاد الاصطلاحي عند الأصوليين .
4.    يشترط في التعرف على الأحكام الشرعية أن يكون بطريق الاستنباط ، أي  : نيلها واستفادتها من أدلتها بالنظر والبحث فيها . فيخرج بهذا القيد حفظ المسائل أو استعلامها من المفتي أو بإدراكها من كتب العلم ، فلا يسمى شيء من ذلك اجتهاداً في الاصطلاحي([4]) .
‌ب.    العلاقة بين المعنى اللغوي والمعنى الاصطلاحي :
بعد أن نعرف الحد اللغوي والاصطلاحي للاجتهاد ، يقول الدكتور نادية شريف العمري  : (( إن المعنى الاصطلاحي لم يبتعد عن المعنى اللغوي ، كما هو واضح من ذكر التعريفين ، فالتوافق ظاهر ، ونقطة الالتقاء بينهما واضحة ، وهي المبالغة في كلا الاستعمالين ويمكننا أن نقول : إن بين المعنيين عموم وخصوص مطلق ، أما استعمالها في الاصطلاح الأصولي فهو مختص ببذل الوسع لاستنباط الحكم الشرعي . وهذا هو الشأن في علاقة التعريف اللغوي بالتعريف الاصطلاحي غالباً))([5]) .
‌ج.   كلمة المعاصر :
والمعاصر أصله عَصْرٌ مثلّث و بضمتين  : الدهر بمعنى اليوم([6]) . والمعاصر : هو الذي يكون معك في عصر واحد ، أو في العصر الحاضر([7]) . ويستعمل أحيانا لفظ الحديث مكان المعاصر . ويطلق في لغة معجم الفقهاء هو الزمن المنسوب لشخص : كعصر النبي  ﷺ ، أو المنسوب لدولة : كعصر الأموِيّين ، أو المنسوب لتطوّرات الطبيْعيّة أو اجتماعية : كعصر الذرَّة أو عصر الكمبيوتر ، أو المنسوب إلى الوقت الحاضر : كالعصر الحديث([8]) . والمراد بالاجتهاد المعاصر في هذا البحث هو  : بذل الوسع في تحصيل حكم شرعي من المسائل الواقعة في عصرنا الحالي ؛ بناءً على عدم النص الصريح بطريق الاستنباط . فقد ظهر في هذا العصر كثير من الوقائع المستجدات والحوادث المختلفة بتطور الزمان وتغير المجتمع في البلاد الإسلامية كلها .


[1] -  الفيروزآبادي ، القاموس المحيط ، مادة [ج ه د] ، ص249 .
[2] -  أحمد ، النفحات على شرح الورقات ، ص163 .
[3] -  عبد الكريم ، الوجيز في أصول الفقه ، ص 317 .
[4] -  عبد الكريم ، الوجيز في أصول الفقه ، ص317 .
[5] -  نادية شريف ، الاجتهاد في الإسلام ، ص33 .
[6] -  الفيروزآبادي ، القاموس المحيط ، مادة (ع ص ر) ، ص397 .
[7] -  الكرمي ، الهادي إلى لغة العرب ، ج 3 ص219 .
[8]معجم لغة الفقهاء ، روا قلعة و حامد ، ص314 .
0 comments

الاجـتهــــــــاد المعـــــــــــاصر



المقــــــــــدمة
الحمد لله الذي أنزل على عبده الكتاب ولم يجعل له عوجا قيما لينذر بأسا شديدا من لدنه ويبشر المؤمنين الذين يعملون الصالحات أن لهم أجرًا حسنا . والصلاة والسلام على سيدنا محمّد القائل  : (( إذا حكم الحاكم  ، فاجتهد وأصاب  ، فله أجران  . وإذا حكم  ، فاجتهد فأخطأ  ، فله أجر واحد )) ، وعلى آله وأصحابه أجمعين  .
أما بعد ، فقال الله تعالى : ﭻ  ﭼ  ﭽ  ﭾ  ﭿ   ﮀ  ﮁ  ﮂ  ﮃ  ﮄ  ﮅ  [المائدة  : 3] وذلك يعني أن الله تبارك وتعالى قد أكمل دينه للأمة الإسلامية وأتم بذلك نعمته عليها . وإكمالُ الدين يعني استقلال الشريعة بأصولها وفروعها ، واستغناءَ المسلمين عن أن يسْتورِدوا أنظمةً من أيّ تشريع أرضيٍّ ، كما يعني الدوام والخلود لهذه الشريعة لتحكم في حياة الناس مادمت الحياة قائمةً . ومن أجل اتسمت به الشريعة الإسلامية من سمات أبرزها العموم والخلود ، كانت أحكامها شاملةً لكافة ميادين الحياة البشرية . والشمول لا يقصد به أنه قد نص على حكم كل واقعة مما يستجد ويستحدث من أمور مستقبلة ، وإنما هو أن الشريعة أتت بالمبادئ العامة والقواعد الأساسية والخطوط العريضة لتنْدرج تحتها كافة القضايا ، والأمور التي تتغيّر بتغير الأزمان والعادات والأعراف والبيئات .
ومن هنا كان منصب الاجتهاد في الشريعة فرضاً على الأمة ؛ لأنها بواسطته تسير في حياتها على شريعة الله ، وتحتكم إليه . ولهذا ، فقد اهتمّ الأصوليون بالاجتهاد باعتباره مظهر أحكام الله تعالى في الوقائع التي لم يرد نص صريح . يُضاف إلى هذا ، أن الوقت المعاصر  - بما فيه وقائع جديدة وحوادث مختلفة ومشكلات كثيرة -  يحتاج إلى اجتهاد المجتهدين ، وفكر الباحثين المؤمنين ، ونظر العاملين  المخلصين المعتصمين بكتاب الله سبحانه وتعالى وسنة رسول الله  ﷺ . وهؤلاء جميعا لا يبْنون على غير أساس ، ولا يشيدون على غير قواعد راسية ، ولا يفتون دون اعتماد على نص صريح مؤيّد بتشريع عمليّ ممن بلغ الأمانة ، وأدّى الرسالة وشقّ الطريق وأنار السبيل وبثّ في الأمة حب التحاكم إلى كتاب الله وسنة الرسول  ﷺ .

التمهيــــــــــــد
سبب اختيار هذا الموضوع
            لا شك ولا ريب ، أن الاجتهاد أمر ضروري . ولابد على كل مسلم أن يعرف الأحكام الشرعية . ومعرفة ما يتعلق بها أمر ضروريّ أيضا ؛ لكي يعرف كيفية الاستدلال بها . والاجتهاد هو أساس الطريق في مباني هذه الأحكام إذا لم يوجد فيها نصٌّ صريحٌ خاصةً . فلأجل ذلك ، أقوم بهذا الجهد بعبارة مختصرة ، ومعلومة محدودة ، موضّحا على القارئ فيما يتعلق بالاجتهاد في عصرنا الحاضر .
أهداف البحث
نهدف بهذا البحث إلى تضميم الأمور المتعلقة بكيفية الاجتهاد المعاصر ، وجمع أنواع أفكار العلماء في عصرنا هذا ؛ لكي نعرف مناهجهم في البحث بالنصوص المتعلقة بالأحكام على النوازل المعاصرة خاصةً ، وتسهيلًا على المبتدئين مثلي في استعداده بالتبحّر على الجهد بالاجتهاد .
مشكلة البحث
1.    ظهور المسائل التي لم توجد عليها الأحكام بالنص في النوازل المعاصرة .
2.    أوهم الناس على أن الاجتهاد شيء مخيف .
3.    إبعادهم عن النظر والتدبّر في الأحكام الشرعيّة بسبب ذلك التوهّم .
أهمية البحث
ومن أهمية هذا البحث ، معرفة الأشياء المتعلقة بالاجتهاد خاصة في الوقت الحاضر -  من معرفة معناه ، ومَنْ هو المجتهد ، وعدد شروطه ؛ لكي نعرفه بالوضوح ونُطبِّقه في حياتنا ؛ لأن الاجتهاد أمر مهم في الدين ، فلا شك أن دراسته أمر مهم أيضا بقطع النظر عن تغير الزمان والمكان . فكما عرفنا بأن الأحكام الشرعيّة ليست كلها واضحةً ، بل يوجد في بعض الأحكام ما يحتاج إلى جهد المسلمين بأن يستنبطوا من نصوصه بأدلة أخرى حتى تصير واضحة  بينهم ، ولا شك بعمل ذاك الاجتهاد .

مناهج البحث
ينحصر هذا البحث على طريقة التي نسلكها حسبَ معرفتنا عن مناهج البحث العلمي المعتبَرة خلال دراستنا في الكليّة . نستطع أن أحدِّد خطوات المنهج في النقاط التالية :
1.    تحديد المصادر وجمع المادة :
أعني جمع النصوص والأقوال اللازمة لهذا البحث من مصادر القديمة والحديثة ، وخصوصا من القرآن الكريم والحديث النبوي اللذان هما أساسان من ظهور تلك الأقوال .
وسنفصّلها بصورة واضحة من كتب التفسير التي نعتمدها في تأويل الآيات ، وكتب الحديث ؛ متونه وروايته ، وكتب الأصولي من العلماء المتقدمين كالإمام الغزالي (505هـ) ، والمتأخرين كالإمام الشاطبي (790هـ) والإمام الشوكاني (1250هـ) ، والمعاصرين كالدكتور محمد سعيد البوطي ود/عبد الكريم زيدان ، وكتب البحوث الحديثية مثل ((اجتهاد الرسول)) للدكتور نادية شريف العمري ، وكتب مساعدة ككتب اللغة والتاريخ والفقه .
وما نقلتُه من هذه الكتب قد سجّلت في أسفل الصفحة عنوان الكتاب المنقول منه ، ورقم الصفحة ، واسم المؤلف . وفي آخرها عدد من أهم المراجع في هذا البحث منـ : اسم المطبعة ، ومكانها ، وسنة الطباعة .
2.    تقسيم البحث وترتيب فصولها :
فيحتوي هذا البحث على خمسة فصول وهي :
الفصل الأول    : كلمة الاجتهاد والمعاصر .
يبحث عن معنى  الاجتهاد لغةً واصطلاحاً وعلاقتهما وما يقتضي بهذين المعنيَين .
الفصل الثاني     : الاجتهاد تحت ضوء القرآن والسنة .
يبين عن بعض الأدلة القرآنية والسنية التي يُستنبط بهما على حكم الاجتهاد .
الفصل الثالث  : المهمات حول المجتهد .
ثم يشرع في هذا الفصل على شخصيّة المجتهد و شروطه و تطوراته من عصر إلى عصر .
الفصل الرابع    : آلات ومجالّ الاجتهاد .
يبحث عن أنواع أدلة الأحكام التي هي آلة الاجتهاد وتقسيمِها بحسب اتفاقها واختلافها . وفيه ، ذكرنا مجالّ الاجتهاد ومتى تصلح الأحكام بالاجتهاد . وفيه أيضا ، المقابلة والمقارنة بين المتقدمين والمعاصرين في التعامل مع النصوص الشرعيّة .  
الفصل الخامس : أهمية الاجتهاد في عصر الحديث .
في هذا المكان ، يحاول البيان عن مدى حاجة الأمة إلى الاجتهاد وأسباب استعماله في الوقت الحاضر .
Senin, 19 Maret 2012 3 comments

5 Tokoh Ilmuan Islam Mengukir Dunia



1

     
  Ibnu Al-Baitar (1200 M) 
     Ahli Botani dan Farmasi


Nama Lengkap
Abu Muhammad Abdallah Ibn Ahmad Ibn al-Baitar Dhiya al-Din al-Malaqi.
Negeri Asal : Malaga – Spanyol (Al-Andalusia).
Buku Hasil Karyanya : al-Jami fi al-Adwiya al- Mufrada, al-Mughni fi al-Adwiya al-Mufrada.


       Sumbangsih utama Al-Baitar adalah Kitab al-Jami fi al-Adwiya al- Mufrada. Buku ini sangat populer dan merupakan kitab paling terkemuka mengenai tumbuhan dan kaitannya dengan ilmu pengobatan Arab. Kitab ini menjadi rujukan para ahli tumbuhan dan obat-obatan hingga abad 16. Ensiklopedia tumbuhan yang ada dalam kitab ini mencakup 1.400 item, terbanyak adalah tumbuhan obat dan sayur mayur termasuk 200 tumbuhan yang sebelumnya tidak diketahui jenisnya. Kitab tersebut pun dirujuk oleh 150 penulis, kebanyakan asal Arab, dan dikutip oleh lebih dari 20 ilmuwan Yunani sebelum diterjemahkan ke bahasa Latin serta dipublikasikan tahun 1758.
Karya fenomenal kedua Al-Baitar adalah Kitab al-Mughni fi al-Adwiya al-Mufrada yakni ensiklopedia obat-obatan. Obat bius masuk dalam daftar obat terapetik. Ditambah pula dengan 20 bab tentang beragam khasiat tanaman yang bermanfaat bagi tubuh manusia. Pada masalah pembedahan yang dibahas dalam kitab ini, Al-Baitar banyak dikutip sebagai ahli bedah Muslim ternama, Abul Qasim Zahrawi. Selain bahasa Arab, Baitar pun kerap memberikan nama Latin dan Yunani kepada tumbuhan, serta memberikan transfer pengetahuan.
Kontribusi Al-Baitar tersebut merupakan hasil observasi, penelitian serta pengklasifikasian selama bertahun-tahun. Dan karyanya tersebut di kemudian hari amat mempengaruhi perkembangan ilmu botani dan kedokteran baik di Eropa maupun Asia. Meski karyanya yang lain yakni kitab Al-Jami baru diterjemahkan dan dipublikasikan ke dalam bahasa asing, namun banyak ilmuwan telah lama mempelajari bahasan-bahasan dalam kitab ini dan memanfaatkannya bagi kepentingan umat manusia.



Al-Buzjani (940 - 997 M) 
Ahli Matematika dan Astronomi

Nama Lengkap : Abul Wafa Muhammad Ibn Muhammad Ibn Yahya Ibn Ismail al-bujzani.
Negeri Asal : Buzjan, Nishapur.
Buku Hasil Karyanya : Ilm al-Hisab (Buku Praktis Aritmatika), Alkitab Al-Kamil, Kitab al-Handasa (Geometri terapan).
Teori Paten Hasil Observasi :
·         Teori Relatif Segitiga Parabola.
·         Metode Konstruksi Segi empat.
·         Sinus 30 (Sin 30) dengan memakai delapan desimal.
·         Hubungan sinus dan formula 2 sin2 (a/2) = 1 – cos a dan sin a = 2 sin (a/2) cos (a/2).
·         Teori Tangen (Tan) dan Tabel Perhitungan Tangen.
·         Rumus Secan dan Cosecan.
·         Relasi Antar Garis-Garis Trigonometri ( merupakan dasar dari keberlanjutan studi Teori Conic ).
·         Variasi Pergerakan Bulan.



Al-Razi (240 - 320 H / 854 - 932 M)
Ahli Bedah (Rujukan Ilmu Bedah)

Nama Lengkap : Muhammad Bin Zakariya.
Asal Negeri : Ray, Iran ( Persia ).
Buku Hasil Karyanya : Al-Hawi Fi Ilm Al-Tadawi (30 jilid), Al-Mansuri.
Hasil Observasi :
·         Pengklasifikasian berbagai peralatan khusus untuk pembedahan dan operasi.
·         Bahan serat untuk menjahit luka terbuka.
·         Kaidah menentukan lokasi rumah sakit yang kondusif dengan uji coba sepotong daging.


Al-Battani/Albatenius ( 858 M ) 
Ilmuwan astronomi ( Penghitung Waktu tahun )

Nama Lengkap : Abu Abdallah Muhammad Ibn Sinan Al-Battani.
Negeri Asal : Battan, Harran – Suriah.
Karya monumental: Kitab Al-Zij, (diterjemahkan ke bahasa Latin, dengan judul De Scienta Stelleerum u De Numeris Stellerum et Motibus, diterjemahkan oleh Plato dan Trivoli).
Hasil Penelitian :
·         Penelitian yang dilakukan selama 42 tahun yang diawali pada masa mudanya di Raqqa, Suriah menghasilan penemuan-penemuan berikut : Perhitungan lamanya rotasi bumi terhadap matahari 365 hari, 5 jam, 46 menit,24 detik.
·         Garis bujur terajauh matahari mengalami peningkatan sebesar 16,47 derajat sejak perhitungan yang dilakukan oleh Ptolemy. Ini membuahkan penemuan yang penting mengenai gerak lengkung matahari. Penemuannya mengenai garis lengkung bulan dan matahari, pada 1749 kemudian digunakan oleh Dunthorne untuk menentukan gerak akselerasi bulan.
·         Penentuan hitungan secara akurat mengenai kemiringan ekliptik, panjangnya musim, dan orbit matahari.
·         Penemuan orbit bulan dan planet dan penetapan teori baru untuk menentukan sebuah kondisi kemungkinan terlihatnya bulan baru. Ini terkait dengan pergantian dari sebuah bulan ke bulan lainnya.

    
    Al-Khawarizmi 
  (770 – 880 M) 
     Penemu Algoritma




  Definisi Algoritma adalah langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis. Contoh sederhana adalah penyusunan sebuah resep makanan, yang biasanya terdapat langkah-langkah cara memasak masakan tersebut. Tapi, algoritma umumnya digunakan untuk membuat diagram alur (flowchart) dalam ilmu komputer / informatika.
Nama Lengkap : Abu Abdillah Muhammad Ibn Musa al-Khuwarizmi.
Negeri Asal : Kwarizm (Kheva) – Uzbekistan.
Karya Monumental : Buku-buku aritmetika; Al Jabr wa al Muqabilah, Al Jama’ Wal Tafreq bil Hisab al Hindi, Algebra, Al Maqala fi Hisab al- Jabr wa al-Muqabilah. Buku geografi ; Kitab Surah al-Ardhl (peta dunia).
Teori Paten Hasil Observasi :
·         Konsep Algoritma.
·         Teori Aljabar.
Beberapa Hasil Penelitian :
·         Pengembangan rincian tabel trigonometri yang memuat fungsi sinus, kosinus, dan kotangen serta konsep diferensiasi.
·         Pendekatan sistematis dan logis dengan menggunakan angka nol dalam ilmu aritmetik dan sistem desimal.
·         Pembuat peta dunia pertama di tahun 830, merevisi pandangan Ptolemeus dalam geografi serta memperbaiki beberapa bagiannya.
0 comments

Rumus Angka Istimewa, Angka Sembilan

9 x a = bc, maka b + c = 9

Dengan a = 1 < a < 10

Nilai 9a = bc


Pembuktian Rumus :
maka a = { 2 , 3 , 4 , 5 , 6 , 7 , 8 , 9 }
[ 9 x a = bc, maka b + c = 9 ]
9 x 2 = 18, maka 1 + 8 = 9
9 x 3 = 27, maka 2 + 7 = 9
9 x 4 = 36, maka 3 + 6 = 9
9 x 5 = 45, maka 4 + 5 = 9
9 x 6 = 54, maka 5 + 4 = 9
9 x 7 = 63, maka 6 + 3 = 9
9 x 8 = 72, maka 7 + 2 = 9
9 x 9 = 81, maka 8 + 1 = 9

Bila dilihat dari hasil perkalian, maka akan kita saksikan deretan angka-angka unik yang terbentuk dari perkalian angka Sembilan tersebut. Dilihat dari atas ke bawah dan dari bawah ke atas di kedua sisinya.

 [ 1 ] [ 8 ]   adalah hasil dari 2 x 9
 [ 2 ] [ 7 ]   adalah hasil dari 3 x 9
 [ 3 ] [ 6 ]   adalah hasil dari 4 x 9
 [ 4 ] [ 5 ]   adalah hasil dari 5 x 9
 [ 5 ] [ 4 ]   adalah hasil dari 6 x 9
 [ 6 ] [ 3 ]   adalah hasil dari 7 x 9
 [ 7 ] [ 2 ]   adalah hasil dari 8 x 9
 [ 8 ] [ 1 ]   adalah hasil dari 9 x 9

                Bila kita melihat dari sisi yang berlainan dari hasil perkalian tersebut, akan ada angka unik lainnya yang terbentuk pula. Dan apabila dijumlahkan dengan pola dari kiri atas ke kanan bawah, hasilnya akan serempak sama dengan 8. Perhatikan warna yang sesuai dengan teliti !
2 x 9 = [ 1 ] [ 8 ]
3 x 9 = [ 2 ] [ 7 ] ------ 1 + 7 = 8
4 x 9 = [ 3 ] [ 6 ] ------ 2 + 6 = 8
5 x 9 = [ 4 ] [ 5 ] ------ 3 + 5 = 8
6 x 9 = [ 5 ] [ 4 ] ------ 4 + 4 = 8
7 x 9 = [ 6 ] [ 3 ] ------ 5 + 3 = 8
8 x 9 = [ 7 ] [ 2 ] ------ 6 + 2 = 8
9 x 9 = [ 8 ] [ 1 ] ------ 7 + 1 = 8
                
 Begitu pula pola sebaliknya, yaitu dari kanan atas ke kiri bawah, maka hasil penjumlahannya akan serempak sama dengan 10. Perhatikan warna yang sesuai dengan teliti !
 2 x 9 = [ 1 ] [ 8 ] ------ 8 + 2 = 10
3 x 9 = [ 2 ] [ 7 ] ------ 7 + 3 = 10
4 x 9 = [ 3 ] [ 6 ] ------ 6 + 4 = 10
5 x 9 = [ 4 ] [ 5 ] ------ 5 + 5 = 10
6 x 9 = [ 5 ] [ 4 ] ------ 4 + 6 = 10
7 x 9 = [ 6 ] [ 3 ] ------ 3 + 7 = 10
8 x 9 = [ 7 ] [ 2 ] ------ 2 + 8 = 10
9 x 9 = [ 8 ] [ 1 ]

-- Wallahu A'lam --
Sabtu, 17 Maret 2012 0 comments

Sajak

Halal Haram


Ketika yang halal dipersulit, dan yang haram dipermudah.

Ketika yang halal dipermalukan, dan yang haram diperbangga-banggakan.

Ketika yang halal dikucilkan, dan yang haram dibuat panutan.

Ketika yang halal dihina-hina, dan yang haram dipuja-puja.

Ketika yang halal tak punya tempat, dan yang haram ada dimana-mana.

Ketika yang halal dibilang aneh, dan yang haram dianggap maklum.

Ketika yang halal disembunyi-sembunyikan, dan yang haram bebas diumbar-umbarkan.

Ketika yang halal ditutup-tutupi, dan yang haram dipertontonkan.

Ketika yang halal disia-siakan, dan yang haram dimanfaatkan.

Ketika yang halal disebut musuh, dan yang haram disebut-sebut pahlawan.

Ketika yang halal dianggap petaka, dan yang haram dianggap rahmat.

Ketika yang halal dihargai mahal, dan yang haram diobral gratis.

Ketika yang halal diatasnamakan pribadi, dan yang haram diatasnamakan agama.

Ketika yang halal tidak boleh diketahui, dan yang haram wajib diberitakan.


Disaat inilah, berbuat yang halal seakan fitnah. Ibarat seseorang yang membawa bara api dengan kedua telapak tangannya ditengah hutan belantara yang gelap gulita di siang dan malamnya. Bila ia terus membawanya guna penunjuk jalan, pastilah tangannya terbakar. Rasanya panas dan menyiksa. Bila ia jatuhkan bara itu ketanah, bara api akan padam, lentera penerang jalan akanlah sirna, pastilah ia akan tersesat.

Ya Rabb,,kuatkanlah hamba-Mu ini untuk membawanya.
Kuatkanlah juga keluarga, kerabat, dan teman hamba.

-hamb-Mu yang terkulai lemah-
Jumat, 16 Maret 2012 0 comments

Kisah Facebooker Malang


Tolong Hapuskan Foto-Fotoku !!”
(Kisah Facebooker Malang)

Malam itu, sepulang dari kuliah, aku melihat teman-temanku yang sedang duduk di teras. Mereka duduk termenung dengan cerita yang entah tentang apa. Wajah-wajah mereka nampak serius mendengarkan cerita salah seorang dari mereka.  Aku penasaran dengan apa yang mereka perbincangkan, rasa penasaranku membawaku untuk ikut duduk-duduk bersama mereka. Setelah aku duduk, mereka menyapaku dan mempersilahkanku untuk bergabung bersama mereka. Melihat ada yang baru datang, merekapun mengulang cerita yang baru saja mereka dengarkan itu. Karena kebetulan ceritanya masih baru dimulai, beruntunglah aku dapat mendengarkan cerita tersebut dari awal alur. Sungguh ta’jub aku mendengarnya, sungguh tak ku duga malangnya nasib perempuan itu, perempuan yang berperan penting dalam cerita tersebut. Perempuan yang hobinya hampir menyamai hobiku, ber-facebook ria. Oleh karena itu saya ingin sekali berbagi cerita ini kepada teman-temanku yang pada saat itu tidak hadir di malam itu, semoga bermanfaat.

                Suatu ketika ada seorang remaja putri yang suka sekali bermain-main di dunia facebook. Seperti yang dirasakan  para  faceboker  pada umumnya, ia pun senang sekali chatting,upload foto, update status dan lain lain, namun sayangnya  ajal memanggilnya begitu cepat di harinya yang kelam.

                Singkat cerita, setelah jenazah dikuburkan, sang ibu bermimpi bertemu dengan anak kesayanganya itu.  Sang anak berteriak histeris meminta pertolongan dari sang ibu, ”Ibu..!! Tolong aku… aku kesakitan disini !”, teriak sang anak . ”Kenapa, Nak??”, tanya ibu gelisah. “Tolong Ibu hapuskan foto-fotoku yang ada di facebook itu”, Sang anak menimpal. ”Memangnya kenapa, Nak”,Tanya ibunya keheranan.  Remaja putri itu menjawab dengan wajah murung penuh penyasalan ” Aku sungguh tak sadar diri Ibu, aku mengumbar auratku disana, aku membiarkan beribu orang melihat apa yang seharusnya tidak mereka lihat, aku sungguh menyesali semua itu, Ibu…sungguh!!” sang ibu pun menangis pilu dengan apa yang dialami oleh anaknya.

                Tiba-tiba sang ibu terbangun dari tidurnya. Dengan wajah pucat, sang ibu pun bergegas bangun. Seketika itu pula sang ibu langsung menghubungi teman-teman puterinya yang sedang menjerit kesakitan di alam kuburnya. Sang Ibu sungguh terkejut sembari kedua air matanya menetes air mata terisak-isak menangis setelah mendengarkan keluhan dari teman-temannya yang menurutnya lebih tahu mengenai  jejaring dunia maya yang masih asing terdengar di telinga sang ibu ini. Bagaimana tidak? untuk menghapus foto-foto yang ada di akun fb puterinya, terlebih dahulu harus mengetahui username dan password sebagai kunci untuk membukanya. Sungguh menyedihkan, karena selama ini yang mengetahuinya hanyalah sang puterinya itu sendiri. Sejak itulah, sang ibu hanya bisa berharap bertemu puterinya dalam mimpi. Entah sampai kapan ia akan bertemu kembali. Entah doa apa yang harus sang Ibu panjatkan agar puterinya diberikan ketenangan di kediaman barunya itu.

Sobatku yang baik hati, Inilah arti sesungguhnya dari sebuah penyesalan. Semoga kita dapat mengambil hikmah dari cerita ini untuk lebih berhati-hati dalam mengendalikan iman dan ketaqwaan kita  ketika terjun ke dunia permainan situs jejaring sosial yang katanya gratisan, unik, populer, menarik, dan mudah dijangkau ini.
 
;